Kamis, 12 Juli 2018

Cara menulis surat lamaran yang baik dan benar serta mudah diterima kerja


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat buat kalian yang udah berniat untuk ngelamar kerja.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana Cara menulis surat lamaran yang baik dan benar serta mudah diterima kerja. Tenang aja.. ngelamar kerja itu gak seribet ngelamar anak orang kok.
Kenapa saya bilang serta mudah diterima kerja? Iya karena surat lamran adalah kali pertama komunikasi kita dengan suatu perusahaan. Jadi bagaimana kita bisa memperoleh perhatian lebih dari si HRD buat nerima kita jadi bagian dari perusahaannya.

Jujur yah sob, Persaingan dalam memperoleh pekerjaan itu nggak 10 atau 20 orang, tapi ratusan bahkan ribuan. 1 Perusahaan membutuhkan 40 karyawan itu yang ngelamar bisa sampai 5000 orang. Belum lagi kalau perusahaan itu perusahaan yang bonafit, beeeh surat lamaran bagaikan daun dimusim kemarau, bertumpuk tumpuk, berserak serak.

Kalian yang udah sering ngelamar pekerjaan pasti pernah ngalamin ini. Naruh surat lamaran berkali-kali tapi nggak pernah kepanggil buat interview. Dari sekian perusahaan nggak ada yang manggil kalian buat wawancara pekerjaan. Dan kalian pasti bilang bahwa ”jika ingin diterima di suatu perusahaan maka harus punya orang dalam untuk memasukkan kalian kedalam perusahaan itu.” Akhirnya rela bayar orang dalam demi mendapat pekerjaan. Eh dianya nggak amanah. Nggak dapet pekerjaan malah uang melayang.

Ayolah sob.. itu semua nggak bener

Andai kalian mundur kebelakang dan coba mencari dimana kesalahan itu.
Nasib kah?
Nasib bisa dirubah sob.. Dengan do’a
Maka dari itu sebelum melakukan apapun jangan lupa awali dengan do’a.
Udah do’a nih.. tapi masih nggak dipanggil-panggil buat interview
Kita cek lagi apa yang salah, surat lamaran kita udah bener belum? Kan tadi udah aku bilang surat lamaran itu adalah komunikasi pertama kita dengan perusahaan. Kalau komunikasi pertama aja udah gak menarik apalagi selanjutnya?

Jadi biarkan saya menjelaskan bagaimana Cara menulis surat lamaran yang baik dan benar serta mudah diterima kerja.

Tenang aja sob.. cara ini udah terbukti ampuh. Karna udah saya coba di tiga perusahaan bonafit dan tiga-tiganya dapet panggilan interview dengan cepat. Nggak usah ditanyakan itu saingannya ribuan orang. Dan surat lamaran ini meluncur dengan cepat.. yeeeeee

Okeh kita mulai.
Dari segi cara penulisan surat lamaran itu ada 2, ada yang diketik setelah itu diprint out, ada juga yang ditulis tangan, iya tulisan tangan sendiri. Jangan orang lain. Tapi kalau tulisan kalian parah banget gak bisa dibaca, yaudah gapapa minta tolong orang lain aja buat nulis surat lamaran kalian.
Trus kita harus pilih mana? Ketik atau tulis tangan?
Tergantung. Kalau ada persyaratan ketik atau tulis tangan maka ikuti persyaratannya. Jangan merasa sok pintar. Mentang-mentang tulisannya bagus jadi tulis tangan padahal persyaratannya harus diketik, atau malah sebaliknya. Sekali lagi ikuti persyaratannya. Kalau tidak ada persyaratan khusus ditulis atau diketik maka tulis tangan saja. Itu akan memberi nilai lebih pada suatu surat lamaran. Tapi sekali lagi jika ada aturan penulisan maka ikuti aturannya.

Okeh baris pertama. Tulis tempat dan tanggal kalian membuat surat lamaran.
Contoh:
Mojokerto, 24 Juli 2018

Selanjutnya adalan kemana surat ini akan dituju
Contoh:
Kepada Yth.
HRD PT. Unicharm Indonesia
Ngoro Industri Persada
Ngoro – Mojokerto

Setelah itu adalah salam sebagai bentuk penghormatan
Contoh:
Dengan hormat,

Paragraf pertama adalah penyampaian lowongan kerja yang kamu dapatkan, sumbernya dari mana dan sebutkan maksud tujuanmu.
Contoh:
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan di PT. Unicharm Indonesia
yang saya dapatkan dari JOB MARKET FAIR 2018 di UPT PK Mojokerto. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.

Paragraf berikutnya adalah pemberian data singkat.
Contoh:
Berikut ini adalah data singkat saya:
Nama                                       : Nama kamu
Tempat, Tanggal Lahir            : Tempat, Tanggal lahir kamu
Pendidikan Terakhir                : SLTA kamu
Alamat                                    : Alamat kamu
Telepon                                   : 08Nomortelponkamu

Selanjutnya adalah paragraf yang paling penting. Penjelasan sedikit potensi diri yang akan membuat mereka tertarik dan penasaran dengan potensi yang kita punya. Tapi inget harus tetap menjaga keaslian dan kejujuran. Jangan karna ingin diterima jadi bohong dengan potensi dirinya. Itu akan mempersulit kehidupanmu selanjutnya.
Contoh:
Saya seorang pria/wanita sehat jasmani dan rohani, Lulusan dari SLTA kamu. Saya tahu saya kurang berpengalaman di dunia kerja, tapi saya yakin dengan pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang saya dapatkan, bisa membantu dan mendukung pekerjaan saya dikemudian hari.

Paragraf berikutnya adalah harapan memperoleh kesempatan wawancara dan penutup.
Contoh:
Saya berharap bisa mendapat kesempatan wawancara sehingga saya bisa menjelaskan lebih banyak mengenai potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Terakhir bubuhkan tanda tanganmu.
Contoh:
Hormat saya,


Nama kamu


Surat lamaran itu akan terlihat seperti ini:

Iya demikian surat lamaran kerja
Eits.. belum selesai.. lanjut ke Daftar Riwayat Hidup

banner
Latest
Next Post

0 komentar: